Perancangan Sistem Pakar Dalam Menentukan Perolehan Produksi Jatropha Curcas - JURNAL SKRIPSI

Monday, April 8, 2019

Perancangan Sistem Pakar Dalam Menentukan Perolehan Produksi Jatropha Curcas

Kali ini kami menmbahas soal Perancangan Sistem Pakar Dalam Menentukan Perolehan Produksi Jatropha Curcas Sebagai Bahan Bakar PLTD
Penentuan variabel produksi jatropha curcas sebagai bahan bakar pembangkit PLTD sangat menentukan jumlah produksi optimal dan memenuhi standar kualitas sebagai bahan bakar. 

Variabel produksi yang sangat menentukan dalam produksi jatropha curcas terdiri dari kuantitas metanol, konsentrasi katalis NaOH, suhu reaksi dan waktu reaksi. Hasil keluaran dari sistem pakar ini adalah berupa variabel produksi yang disarankan, hasil produksi yang dihasilkan dan kesimpulan dari hasil produksi optimal dan memenuhi standar sebagai bahan bakar untuk PLTD.

Jatropha curcas merupakan bahan bakar dari minyak nabati yang memliki sifat menyerupai minyak diesel/solar. Agar dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif, jatropha curcas memerlukan proses pengolahan lebih lanjut dengan proses transesterifikasi. 

Transesterifikasi bertujuan untuk menurunkan viskositas jatropha curcas dan meningkatkan daya pembakaran sehingga dapat digunakan sesuai standar minyak diesel untuk PLTD. 

Metanol yang dipilih sebagai alkohol dalam proses transesterifikasi jatropha curcas karena biayanya rendah. Sementara itu, katalis alkali natrium hidroksida (NaOH) yang dipilih karena lebih murah dan bereaksi lebih cepat daripada katalis asam. Faktor penting yang mempengaruhi reaksi transesterifikasi adalah jumlah metanol dan NaOH, suhu reaksi dan waktu reaksi. 


Teks Lengkap:

Download Disini PDF

Penulis : Ashari Ashari
sumber : Jurnal Inspiration Tahun I Edisi 1
Jurnal Inspiration Tahun I Edisi 1 yang diterbitkan pada bulan Juni 2011
Comments


EmoticonEmoticon